Merawat dan Menjaga Komputer / Laptop

Barang elektronik seperti komputer dan laptop memang relatif mudah rusak terutama oleh panas. Padahal harga komputer baru juga umumnya masih mahal, tetapi bila 3-6 bulan kemudian harga tersebut bisa jadi turun sangat drastis, apalagi bila ada komponen yang rusak. Oleh karena itu kita harus menjaga komputer dan laptop kita agar tetap terawat dan tidak mudah rusak, kalo kata orang biar enggak seperti pepatah “sudah jatuh tertimpa tangga, ember, bambu, kayu, bata, dan sebagainya”
Untuk urusan merawat ini saya memiliki beberapa tips cara sederhana dan mudah untuk merawat laptop dan komputer agar dapat lebih awet dan tahan lama:
1. Jaga kebersihan kompter dan laptop
Bersihkan secara rutin komputer dan laptop dengan menggunakan lap kain. Bila anda tidak terbiasa menggunakan cairan khusus, sebaiknya jangan menggunakan cairan sama sekali. Gunakan kain yang lembut tetapi tidak meninggalkan serpihan “bulu”, agar tidak menggores layar (screeen) dari monitor atau LCD anda.
2. Jauhkan dari Makanan dan Minuman.
Jauhkan dari kemungkinan kejatuhan remeh makanan atau kemasukan air minuman. Agar komputer / laptop tetap bersih.

3. Lepaskan komponen tambahan yang sudah tidak terpakai.
Bila anda telah selesai menggunakan usb flashdisk, CD, DVD atau perangkat lainnya sebaiknya lepaskan perangkat tersebut dari komputer bila sudah tidak akan dipakai lagi. Selain “lifetime” perangkat tersebut dapat bertahan lebih lama, kinerja dan performance komputer pun dapat dipertahankan.
4. Berikan Ruang untuk melepaskan panas dari laptop / komputer
Sediakan ruang yang cukup agar panas yang ada di komputer dapat dibuang / dilepaskan secara sempurna. Komponen elektronik umumnya tidak dapat bekerja dengan baik bila terlalu panas, atau bahkan bisa rusak. Bila anda menggunakan laptop, buka terlebih dahulu tas / pembungkus laptop sebelum bekerja. Selain itu jangan menaruh laptop di atas kasur ketika anda sedang bekerja atau menggunakannya. Dengan menaruh laptop di atas kasur, sebagian panas tidak dapat dibuang, sehingga laptop akan semakin panas. Alternatif solusinya adalah menggunakan meletakkan Notepad Cooler di bagian bawah laptop, sehingga ada jarak antara laptop dengan kasur. Notepad Cooler juga sebaiknya anda gunakan sekalipun tidak bekerja di atas kasur tempat tidur.
5. Jangan sembarangan mematikan komputer / laptop.
Jangan karena anda ingin komputer cepat mati, lalu anda menggunakan tombol power untuk mematikan arus listrik. Memang cara tersebut efektif, tapi harddisk anda lama kelamaan akan cepat rusak dengan munculnya “bad sector”. Kenapa? Ketika anda mematikan arus listrik, mungkin head sedang berada di tengah-tengah piringan harddisk, dan ketika listrik mati jarum dari head mungkin saja menyentuh piringan harddisk yang sedang berputar. Bila tergores cukup parah, maka akan muncul bad sector pada hard disk anda.
6. Gunakan UPS atau sejenisnya
Bila anda menggunakan komputer atau sering menggunakan laptop tanpa baterray (langsung menggunakan arus listrik PLN), maka sebaiknya anda menggunakan UPS. Dengan menggunakan UPS, ketika terjadi listrik padam anda dapat menyimpan pekerjaan anda terlebih dahulu. Setelah itu segeralah mematikan komputer anda. Dengan demikian anda akan mengurangi kemungkinan tergoresnya harddisk .

0 Response to "Merawat dan Menjaga Komputer / Laptop"

Post a Comment

Powered by Blogger